Kapan sih harus kuras oli transmisi matic
Apakah kuras oli transmisi matic itu harus dan kapan harus kuras oli transmisi matic????Pertanyaan itu yang sering dan banyak saya dapati, kurangnya pengetahuan tentang oli transmisi matic dapat memperpendek umur transmisi matic itu sendiri.
Karena transmisi matic itu sendiri adalah nyawanya dari mobil itu sendiri jadi transmisi matic mempunyai peran sangat penting bagi kendaraan tersebut.
Hal pertama yang harus Anda ketahui ialah jenis oli yang ada pada mobil Anda, karena pada mobil umumnya terdapat tiga komponen utama yang menggunakan pelumasan oli.
Komponen pertama yaitu pada mesin, komponen yang kedua adalah transmisi atau perseneling dan yang terakhir adalah gardan.
Namun dengan seiring majunya jaman mobil keluaran baru sekarang sudah tidak menggunakan gardan lagi, jadi cukup mesin dan transmisi saja.
Setiap komponen mesin, transmisi dan gardan menggunakan jenis oli yang berbeda, maka Anda wajib memahami jenis oli yang di gunakan pada komponen utama tersebut.
Disini saya akan mencoba share kapan sih waktu oli transmisi matic di ganti atau di kuras??
Jenis oli yang umum di gunakan ialah ATF DIII, CVTF, WS, T-IV dan lain-lain.
Interval pergantian oli automatic transmision yang lebih efektif ialah di 20.000km, untuk pergantian berikutnya di anjurkan untuk di kuras oli transmisi matic di 40.000 km.
Tahukan Anda bahawa persentase terbesar kerusakan pada transmisi oli matic ialah karena kelalaian kita dalam mengganti oli transmisi matic yaitu sebesar 85% sedangkan untuk kelalain pengoprasian sebesar 10% sedangkan untuk kesalahan pemakaian cuma 10% saja.
Survei ini membuktikan bahwa mengganti oli transmisi matic secara rutin sangatlah penting.
"Kenapa oli transmisi matic harus di kuras?? bukanya pergantian biasa sudah cukkup???"
Itu pertanyaan yang sering sekali datang kepada saya,,oke langsung saja saya akan coba untuk menjawab semua pertanyaan diatas, Karena apabila kita tidak mengetahui perbedaannya maka kurang afdol rasanya.
Pergantian oli transmisi matic secara manual atau biasa
umumnya sebagian besar orang melakukan pergantian oli transmisi matic secara manual atau biasa, mungkin karena faktor kurangnya pengetahuan tentang oli transmisi matic.
Makanya disini saya akan coba bantu jawab pertanyaan di atas.
Untuk pergantian oli transmisi matic secara manual atau biasa adalah pergantian oli transmisi matic yang hanya di bak oli atau carternya saja.
Oli matic yang lama bisanya masih tersisa di bagian hose-hose nya, karena pergantianya hanya buka baut drain plug di bagian bak oli atau carter oli saja.
Pergantian secara manual atau biasa kurang efektif, untuk melengkapinya maka lakukanlah kuras oli transmisi matic secara teratur untuk hasil yang maksimal.
Pergantian kuras oli transmisi matic
Kebanyakan orang tidak mengetahui bahwa oli transmisi matic harus di kuras, mungkin karena kurangnya wawasan dan pengetahuan serta tempat yang mempunyai alat kuras oli transmisi matic pun tak mudah di temukan.
Disini saya akan share mengapa Anda harus melakukan kuras oli transmisi matic, karena kuras oli transmisi matic mempunyai peran penting untuk menjaga keawetan transmisi matic Anda.
Pergantian oli transmisi dengan di kuras adalah pergantian dimana seluruh oli transmisi matic yang lama atau bekas di ganti total tanpa tersisa sedikitpun.
Sistem pergantiannya pun unik karena mirip dengan cuci darah, oli lama di dorong sama oli yang baru untuk membersihkan oli lama yang masih tersisa dengan cara di bilas.
Lakukanlah kuras oli transmisi matic secara rutin untuk hasil yang mksimal.
Note"khusus untuk jenis oli transmisi cvtf tidak di anjurkan untuk di kuras"
Untuk lebih jelasnya silahkan tonton video di bawah ini
Lakukan kuras oli transmisi matic secara rutin untuk hasil maksimal.
Dan untuk harganya sesuai dengan merek oli ATF itu sendiri di tambah dengan jasa Rp. 90.000,-
Cukup sekian semoga bermanfaat untuk semua, terimakasih.
0 komentar:
Posting Komentar